Senin, 31 Desember 2012

Keramik Bayat



Jika kita berkunjung ke daerah Pagerjurang Bayat, kabupaten Klaten, Jawa Tengah, maka kita akan menemukan outlet para pengrajin gerabah di sepanjang kiri dan kanan jalan di daerah tersebut. Banyak rumah-rumah yang menjual gerabah keramik, sangat beraneka ragam macam gerabah keramik yang disediakan di sana, ada seperti guci bermotif,  gerabah keramik berbentuk hewan seperti gajah, singa, ayam, badak dan sebagainya, ada juga kursi gerabah, serta patung manusia, hingga gerabah – gerabah kecil lainya, ada juga rumbai-rumbai, hingga tungku untuk memasak.
.
                Desa Pagerjurang, Bayat ini, berada di wilayah selatan Klaten, memerlukan waktu sekitar tiga puluh menit untuk menuju desa Pagerjurang ini, dari Klaten menuju kearah selatan, tepatnya dari bypass klaten belok ke selatan di pertigaan setasiun kereta api Klaten. Gerabah – gerabah ini merupakan hasil kerajinan warga yang tinggal di daerah tersebut, sebagian besar warga di desa Pagerjurang berprofesi sebagai pengrajin gerabah keramik. Mereka memproduksi keramik-keramik cantik setiap harinya yang kemudian nantinya di setorkan kepada pemilik outlet gerabah keramik yang berada di pinggir jalan, jadi semacam pengepul gerabah keramik yang memiliki outlet di pinggir jalan untuk memajang gerbah – gerabah yang sudah siap jual. Salah satu pemilik outlet gerabah keramik Sutini, 27 tahun mengatakan bahwa, setiap harinya selalu ada warga yang menyetorkan gerabahnya untuk di pajang di outlet saya, “setiap keluarga di kampung ini pasti berbeda hasil gerabah keramiknya, setiap keluarga memiliki karya khas masing – masing, keluarga yang ini menghasilkan guci motif bunga, keluarga yang itu menghasilkan vas bunga, dan masih banyak lagi” jelas ibu sutini pemilik gerabah keramik “Kembar” di daerah Pagerjurang tersebut.





 Outlet – outlet gerabah ini telah ada sejak puluhan tahun yang lalu di tempat ini, semakin hari semakin banyak bermunculan outlet- outlet baru yang menjual gerabah keramik di desa Pagerjurang ini. Gerabah keramik ini pun sangat digemari oleh wisatawan lokal hingga manca, salah satu outlet yang ada di Pagerjurang yang bernama “Pandanaran” telah mampu menjual gerabahnya keluar negeri, “kalo di Pandanaran keramik sana, setiap mereka selesai produksi, pasti gerabahnya langsung dikirim ke luar negeri, sangat banyak gerabah yang sudah mereka kirim ke luar negeri, kalo outlet saya ya baru lokal, soalnya saya baru tahun 2011 kemarin saya mulai usaha ini” terang ibu Fitri kembali. Harga yang ditawarkan pun cukup murah, untuk gerabah seperti guci dan vas, harganya mulai dari sepuluh ribu rupiah, hingga empat ratus ribu rupiah, yang harganya 500 rupiah pun ada juga yaitu berbentuk piring kecil untuk mainan anak – anak untuk bermain masak – masakan. Pembeli yang sering mampir adalah justru wisatawan yang berasal dari luar kabupaten klaten, mulai dari Solo, Semarang, Salatiga, Pati, Kudus, hingga dari daerah Sumatra pun pernah juga, rata – rata dari mereka adalah wisatawan yang berkunjung ke makam sunan Pandanaran yang ada di Bayat, kemudian mampir untuk membeli oleh – oleh.
Ada juga dari mereka yang berkunjung membeli gerabah untuk dijual kembali ditempat lain, mereka menjadi reseller dari outlet – outlet gerabah Pagerjurang ini. Mereka biasanya datang membawa mobil, lalu membeli gerabah dalam jumlah besar, dan biasanya para reseller ini sudah berlangganan dengan outlet gerabah keramik tertentu untuk mendapatkan harga yang lebih murah agar nanti dapat mendapatkan untung atas usaha reseller mereka. Gerabah – gerabah ini kemudian akan dijual ditempat lain seperti ke Prambanan, Magelang, Jogjakarta dan sekitarnya. Gerabah Bayat memang sudah sangat terkenal dengan kecantikan keramik gerabahnya, kuat dan menawan demikian gerabah – gerabah tersebut.
Bagi yang berminat silahkan saja untuk mampir di desa Pagerjurang, kecamatan Bayat, kabupaten Klaten, Jawa Tengah ini, agar kunjungan anda lengkap, silahkan bawa pulang oleh – oleh keramik-keramik cantik tersebut.

1 komentar:

servis mengatakan...

melayani jasa jasa pasang dan perbaikan sebagai berikut..


CCTV bisa dipantau dg hp.

AC pendingin ruangan.

bel panggil perawat atau pegawai.

running text LED.

GPS tracker buat kendaraan.

ALARM gedung.

PABX telephone lokal.

Panel listrik dan instalasi.

design alat sesuai kebutuhan.

bel jam otomatis.

alat elektronik mesincuci dll

Speaker gedung.

untuk info lebih lanjut mohon hub saya.
0822 315 625 89
Atau
tsabitataya@gmail.com

Saya siap brkunjung ke tempat anda.




ac tidak dingin , servis cctv di malang , tukang cctv , cctv paket berapa , harga cctv , dvr tidak bisa merekam , jasa cctv di malang , cctv di gondanglegi ,. cctv di turen ; beli cctv dimana , cctv mati , pasang cctv, telepon rusak , pbx , kediri , blitar , , pabx , interkom mati , setting pabx di kediri , cctv di kediri, nganjuk , madiun , cctv rusak , dengan , di , pabx , ngadiluwih , pare , dampit , rumah aman , turen , kepanjen , makanan , rejoso , kepanjen , ac rusak , ac dengung , cctv mati , telepon tidak bunyi , tulungagung , malang, madiun , jombang , tidak bisa online , cctv indoor , harga murah , cctv indoor, cctv di turen , servis cctv di malang ,
rusak ? hub kami., cctv di nganjuk, jual cctv di turen, cctv murah di nganjuk, cctv rusak, cctv tidak bisa onlen, cctv android, jasa cctv di kepanjen, tukang cctv di dampit, ahli pasang cctv, pasang cctv di kediri, jual cctv malang, fungsi cctv adalah, beli cctv dimana, cctv dome, cctv buat rumah, cctv kena petir, pengaman rumah, alarm rumah, cctv yang murah, rekaman cctv, bisa dilihat dg hape, cctv mati, cctv di nganjuk, jasa cctv di kediri, cctv di tulungagung, cctv di batu malang, dvr tidak merekam, cctv tahan cuaca, spycam, hidden kamera, cctv kecil, cctv analog, ac tidak dingin, ac tambah freon, r22, ac mati hidup, pabx rusak, telepon mati, ada kerusakan, ac di turen, ac di malang, nambah freon, ac di malang, service ac, pabx, telepon putus, dering telepon, kenapa telepon mati, cctv, cctv, pengaman rumah, cctv infrared, tukang cctv, jual cctv murah, paket cctv, kota kediri, kota malang, area blitar, area malang, area kediri, kota kediri, kota malang, kota malang, malang cctv, malang cctv, cctv di malang selatan, cctv dampit, cctv di dampit, ac di turen, ac kota malang, tukang ac di turen, jasa ac di turen, jasa ac di malang kota, tambah freon ac, ac tidak dingin, jasa cctv di turen, tukang service di turen, service di dampit, cctv dampit, cctv rumah, pengaman rumah, alarm kebakaran, terekam cctv, perekam cctv, mesin cctv rusak, cctv tidak tampil, cctv infrared. di malang, cctv di malang, cctv malang raya, cctv untuk malang, cctv di malang, cctv malang raya, di malang, cctv malang, cctv dampit, cctv di dampit, cctv di bululawang, cctv kepanjen, arema cctv, cctv dipasang, cctv murah, cctv rumah, cctv internet, cctv malang, cctv wlingi, cctv rusak, cctv mati, jual cctv di malang, jual cctv, toko cctv malang, ahli cctv, cctv malang

Posting Komentar